Selasa, 09 Januari 2018

Orang Tua Harus Tau Cara Mengetahui Bakat Anak


Bunda sudah tahu apa bakat si kecil? Atau jangan-jangan bunda tidak tahu bagaimana mengetahui bakat yang dimiliki oleh si kecil? Nah, kebanyakan orang tua seringkali mengabaikan bakat yang terdapat dalam diri sang anak. Karena memang tidak tahu bagaimana mengetahuinya. Nah, jika bunda adalah orang tua yang demikian maka simak ulasan kami kali ini dengan lengkap dan ketahui cara mengetahui bakat anak sejak dini.

Sering ya kita mengucapkan kata “berbakat” atau “anak tersebut memiliki bakat ...” lalu sebenarnya apa sih bakat itu? Sebelum mengetahui bagaimana mengetahui  bakat anak, bunda perlu tahu dahulu apa itu bakat. Bakat merupakan suatu potensi atau kemampuan yang dimiliki oleh anak mulai dari lahir hingga dewasa. Bakat juga dikatakan sebagai suatu kemampuan yang bersifat khusus, dan orang lain belum tentu dapat melakukannya.

Bagi bunda yang ingin berhemat dalam berbelanja perlengkapan anak, Mothercare berikan sale Mothercare yang tentunya membuat bunda dapat lebih irit berbelanja

Dari definisi tersebut, maka mudah untuk diketahui bahwa bakat merupakan suatu yang dimiliki sejak lahir dan tidak semua anak memiliki bakat yang sama satu sama lain dan setiap orang wajib mengetahui apa bakat yang dimiliki oleh anaknya. Masalahnya adalah banyak orang tua yang tidak tahu cara mengetahuinya. Berbeda dengan kecerdasan yang bisa dibuat dan dilatih, bakat tidak bisa dipaksakan pada setiap anak.

Sebelum mengetahui cara melihat bakat anak, ketahui dahulu ciri-ciri anak yang memiliki bakat.

1. Ingin Tahu 
Ciri-ciri anak berbakat dan cerdas adalah memiliki rasa ingin tahu yang besar. pertanyaan-pertanyaan sering dilontarkan oleh anak yang cerdas dan berusaha menyampaikan rasa ingin tahunya.

2. Aktif
Aktif adalah ciri selanjutnya dari anak yang berbakat. Ia akan lebih suka pada hal-hal sulit dan menantang.

3. Ingatannya Tajam
Anak yang memiliki bakat cenderung lebih mampu atau dapat mengingat sesuatu dengan sangat mudah.

4. Suka Berimajinasi
Anak yang berbakat pasti juga mampu membangun imajinasinya dengan baik. biasanya ia akan menunjukkan bakat berimajinasinya dengan tingakh atau suara-suara yang aneh dan lucu.

Setelah mengetahui ciri-ciri anak berbakat, maka selanjutnya berikut cara melihat bakat anak.
-Berikan Stimulasi
Agar anak mau mengeksplorasi bakatnya dengan baik maka berikan stimulasi pada anak. berikan perhatian pada anak dengan menjawablah seluruh pertanyaannya dengan kalimat yang mudah anak mengerti.

-Berikan Kesempatan Pada Anak
Biarkan anak melakukan kegiatan yang ia inginkan sendiri. Jangan paksa anak untuk melakukan sesuatu yang ia inginkan. Berikan kepercayaan pada anak bahwa anak mampu melakukan aktivitasnya.

-Perhatikan Perilaku
Apa aktivitas yang dilakukan si kecil? Perhatikan perilaku si kecil, apa saja aktivitas yang dilakukannya. Bisa jadi perilaku tersebut mencerminkan bakat yang dimilikinya.

-Mudah belajar
Bakat anak juga dapat dilihat dengan cara mudah belajar akan sesuatu. Bagaimana anak menguasai sesuatu dan anak dapat berperan aktif di dalamnya.

-Asyik Dengan Aktivitasnya
Jika anak mulai asyik melakukan sesuatu bisa jadi itu adalah bakat yang terpendam dalam dirinya. Jika aktivitasnya merupakan aktivitas yang baik maka dukunglah dengan mengasah kemampuannya. Misalnya jika si kecil sedang asyik bermain masak-masakan maka dukung si kecil dengan memberinya mainan masak-masakan untuk mengembangkan bakatnya.

Demikian, info tentang ciri-ciri anak berbakat dan cara mengetahui bakat anak bagi orang tua agar dapat mengembangkannya. Terimakasih
Share:

0 komentar:

Posting Komentar